Mereka lebih hebat dari kita

dsc02210.jpgsebuah pengalaman yang luar biasa bagi ta terjadi hari sabtu kemarin, tepatnya tanggal 15 Maret 2008. sebuah kesempatan untuk menyaksikan hal yang luar biasa datang dari kunjungan mata kuliah Psikologi anak dan remaja khusus yang diampu oleh bu aisah indati ke Panti sosial bina netra, dari pagi hingga siang hari di hari sabtu tersebut.

Panti Sosial Bina Netra (PSBN) adalah sebuah Unit Pelaksana Teknis daerah pada dinas sosial dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial terhadap penyandang cacat netra. Tujuan dari PSBN ini adalah terbina dan terentasnya penyandang cacat netra sehingga mampu melaksanakan fungsi sosialnya dalam tatanan kehidupan dan penghidupan masyarakat. inilah sedikit penjelasan tentang PSBN.

kembali ke kunjungan ke PSBN. menjejakkan kaki di aula PSBN tempat kami akan mengadakan pertemuan formal,  kami disambut dengan alunan musik dan suara yang sangat bening dan menghibur. mangambil tempat duduk yang terdepan membuat saya lebih dapat melihat jelas kepanggung aula tersebut. Ternyata, musik yang mengalun indah dan nyanyian yang merdu berasal dari saudara-saudara kita yang tidak memiliki salah satu indra seperti yang biasanya menjadi jendela dunia bagi manusia.

banyak hal yang bisa mereka lakukan, bahkan lebih baik daripada kita,,

mereka benarbenar luar biasa!!

Pampers dan Perkembangan anak

images.jpeg

ini adalah blog yang mengeluarkan tulisan yang berasal dari hati,, dan anak-anak adalah bagian atau bahkan keseluruhan hati dari orangtuanya,,

perkembangan pada masa anak-anak sangat berarti untuk masa depan mereka, baik fisik maupun psikis mereka.

seperti yang sering dikatakan dalam iklan, masa anak-anak adalah masa emas kehidupan.

seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban, makin banyak barang-barang yang diciptakan manusia untuk mempermudah kehidupannya,

juga bagi anak-anak, salah satunya pampers atau dalam bahasa indonesianya dikenal dengan istilah popok.

popok adalah alat yang dimaksudkan untuk memudahkan orangtua sehingga tidak terlalu sibuk untuk membersihkan ampas makanan anak-anak mereka yang belum mengerti untuk membuang sampah pada tempatnya. tapi kembali, seiring majunya zaman maka berubah jugalah nilai-nilai yang dianut oleh manusia modern ini. dahulu kala, anak adalah permata bagi orang tuanya, apapun hampir akan selalu dilakukan orangtua demi kebaikan anaknya, tapi apa yang kini terjadi? anak malah serig diabaikan oleh orang tua untuk mengejar materi yang dalam pembelaannya mereka melakukan hal itu demi kebaikan anak mereka juga, namun apakah itu memang baik? akn sangat panjang kajiannya.

dalam perkembangan anak, orang tua mempunyai peran penting yang membantu menentukan bagaimana kepribadian anaknya akan terbentuk dan membawa kehidupan mereka selanjutnya. pampers atau baby diapers ternyata mempunyai efek yang berbahaya dan jangka panjang dalam menghambat perkembangan anak. anak-anak yang telah terbiasa dari bayi hingga agak besar menggunakan pampers, akan mengalami beberapa perbedaan dari bayi-bayi lainnya, tentu saja jika pampers itu dipakai setiap saat, bukan pada saat-saat tdak berdekatan dengan toilet saja, atau dalam bepergian.

implikasi yang pertama bagi anak tentu saja yang paling mudah dilihat adalah dari aspek fisik. aspek fisik yang paling berpengaruh tentu saja bagian pinggul ke bawah, yang terkait langsung dengan penggunaan popok tersebut. banyak yang mengeluhkan cara berjalan anak mereka, yang setelah masa kecilnya dihiasi dengan penggunaan popok, ada kecendrungan bagi anak-anak tersebut berjalan dengan sedikit mengangkang atau kakinya menjadi tidak bisa merapat tapi ini mungkin bisa diatasi dengan membiasakan cara berjalan yang lebih baik sejak dini. namun saya pun belum pernah membaca mengenai cara mengatasi hal ini, mungkin ada yang bisa membantu..

yang kedua memasuki zona psikis anak tersebut. dalam menunjang perkembangan ada yang dinamakan toilet training, nah apakah toilet training itu? toilet training itu bagaimana melatih anak agar dapat menggontrol refleks otot sphincternya agar bisa bekerja denganbaik sehingga ia tidak mengalami lagi enupresis dan enkopresis. waduh,, apa pula enupresis dan enkopresis itu? hm,, yang mudahnya, dalam bahasa awamnya, enupresis itu ngompol dan enkopresis itu buang air besar sembarangan, baik disengaja atau pun diluar kendali anak tersebut.

apa hubungan popok dengan toilet training?

sangat erat.. toilet training merupakan bagian penting dari alur perkembangan anak, sedangkan popok dapat menjadi bagian dari hambatan perkembangan anak. sebuah negasi yang menarik menurutku.

anak-anak yang telah terbiasa memakai popok dari kecil di setiap saatnya akan mengalami kesukaran yang levelnya setingkat diatas anak-anak lain yang tidak terbiasa memakainya ketika dihadapkan pada tuntutan lingkungan yang mengharuskan mereka sudah bisa mengeluarkan sisasisa sari makanan dan minuman mereka ditempat yang sepantasnya. keterlambatan mereka untuk beradaptasi dengan tuntutan lingkungan yang kadang mengekang ini dinamakan sebuah hambatan, yang dampaknya tentu saja bisa panjang hingga mereka dewasa.

ada beberapa kerugian lain yang akan dialami anakanak yang orangtuanya sangat terpengaruh dengan iklan popok yang anti bocor ini. yang pertama adalah masalah iritasi pada kulit anak tersebut dan juga sebuah sikap ketergantungan yang terbentuk lebih awal dan menyesatkan. anak-anak yang telah terbiasa dengan memakai ini dakan mengalami ketergantungan yang sangat mungkin untuk mengarah menjadi hal yang patologis dalam perkembanganmereka selanjutnya.

Rumpun Melayu

images_melayu.jpeg

Mungkin ada yang menganggap hal ini sudah basi atau ada yang masih hot untuk membicarakan hal ini, namun saya memang sudah dari lama ingin ikut nimbrung dalam kedahsyatan yang terjadi di hubungan Indonesia dengan jiran kita yakni Malaysia.

Sedikit tergelitik juga untuk mengulas tentang panasnya situasi yang terjadi diantara dua negara yang katanya serumpun ini.

Beberapa hari yang lalu saya mendengar pembicaraan di suatu radio mengenai beberapa warisan budaya Indonesia yang berlimpah ini dan betapa pentingnya bagi kita untuk mempertahankan kekayaan negeri peninggalan nenek moyang kita ini bersama-sama. Sebenarnya hal yang menarik bagi saya bukan bagaimana pentingnya bagi kita untuk menjaga harta kita yang tak bisa dinilai dengan uang ini, tetapi adalah celetukan dari penyiarnya yang menyebutkan Malaysia sebagai IndonesiB,,

waduhwaduh,, bagi yang membaca ini, jangan protes dulu,, baca dulu sampai akhir,, saya tidak akan membahas mengenai pihak yang benar atau yang salah, saya hanya ingin menyoroti dari sisi yang sedikit berbeda.

kembali pada statement mengenai IndonesiB tersebut, memang tidak terlalu pantas untuk mengatakan hal demikian, apalagi di sebuah media yang banyak pendengarnya, namun hal ini malah menandakan bahwa ada begitu banyak kemiripan bahkan  kesamaan antara kedua negara yang bertetangga ini. seperti yang saya katakan diawal bahwa Indonesia dan malaysia dikenal dengan istilah negara yang serumpun, lalu kenapa banyak kepelikan yang timbul diantara negara yang serumpun ini? bukankah dengan kesamaan kita akan menemukan banyak kecocokan, dan itu awal yang umum dari sebuah persahabatan bukan?

banyak isu yang malah membakar kebaikan yang telah terjalin antara dua negara ini, kenapa kita tidak memikirkan kemungkinan tentang teori konspirasi?

bukankan itu sekarang sedang trend sekali?

bukannya saya ingin ikut-ikutan trend, tapi ada yang menarik disini, Indonesia dan Malaysia dikenal sudah dari lama sering bertikai,, dimulai dari Ganyang Malaysia yang dipopulerkan olah Bung Karno. tapi apa maksud disebalik hal tersebut?

yah, ada sebuah tujuan mulia. Indonesia yang dikala itu sedang dalam masa kritis, dimana persatuan dan kesatuan Indonesia di dalam NKRI masih dalam angan-angan indah yang hadir dalam mimpi sebuah bangsa yang telah merdeka ini, maka Bung Karno membuat sebuah musuh nyata di luar Indonesia, seperti sebuah teori dalam psikologi sosial, yaitu realistic conflict theory (nelson, 2002; baron, 2000; hogg, 1988 dalam sarwono 2006) yang menyatakan bahwa persaingan antara ingroup dan outgroup secara otomatis akan terjadi antara sub kelompok selama sumber-sumber terbatas dan tidak ada tujuan bersama.

maka yang dimaksud Bung Karno dengan menyuarakan Ganyang Malaysia tersebut adalah agar Indonesia mempunyai sumber bersama dan kesatuan Bangsa menjadi kenyataan, meski rencana ini tak pernah terwujud karena Bung Karno turun tahta beberapa tahun kemudian.

begitu panjang sejarah pertikaian Indonesia dan Malaysia, sehingga rasa traumatik tersebut selalui menghantui hubungan kedua negara ini, jadi kenapa tidak mencoba berteori yang menarik?

coba bayangkan apa yang sedang terjadi di intern Malaysia?

masyarakatnya tidak begitu tau dengan gejolak yang ada di Indonesia, betapa kebencian itu semakin ditumpuk, malah saya pernah membaca bahwa mereka mengatakan penduduk Indonesia terlalu berlebihan dalam merespon semua ini.

dan tak dapat dipungkiri, budaya dan fisik masyarakat melayu di Malaysia dan penduduk Indonesia di bagian barat sangat mirip, jika tak boleh dikatakan serupa.

apa ada masalah dengan kemiripan tersebut?

saya rasa iya,,

teori saya yang pertama adalah (teori?? bukan, ini hanya sebuah dugaan, atau hipotesis) ada pihak yang tidak senang jika hubungan baik Indonesia dan Malaysia terjalin, karena jika itu terjadi, maka melayu akan berjaya sekali di Malaysia, karena Indonesia adalah sebuah negara berpenduduk banyak bukan??

hm.. silahkan jika ada yang ingin melanjutkan,,

saya sangat ingin sekali mendapat komentar tentang hal ini.

Persatuan Indonesia dan Malaysia? bayangkan betapa kuatnya kita jadinya??

hmhmhm,,menarik,, menurut saya…

Sekilas Kisah

udah lama kali rasanya niy nggak nulis dsini,,

banyak hal yang telah terjadi,,

semoga setelah ini bisa rutin berkarya demi memajukan bangsa, hahahaha

hmhmhmhm,,

sedikit berbagi,, sudah lama tak membuka blog t’cinta ini karena alasan klasik, konektivitas  yang terganggu.

Ceritanya begini,, kartu langganan internet ta yang biasanya dipake buat ngenet dirumah menggunakan pong (bahasanya dek chia untuk handphone,red) sudah beberapa lama ini tak bisa digunakan,,

cute-na.jpg

eror terus konektivitynya,,

akhirnya masalah ini alhamdulillah telah teratasi dengan modem baru,, Horrey!!

bukannya mau pamer atau gimana, tapi emang mau pamer,, weQ,,

hehehehehehe

Kalau ada yang mau protes,, please feel free to leave your comment,,

hohoho,,

Pelatihan IT Pramuka UGM

Sabtu, 19 Januari 2008 ini memperlihatkan langit yang cerah, cukup indah untuk berkeliaran di luar ruangan, namun hal ini tidak menggoda para anggota dan warga Racana Gadjah Mada dan Racana Tribhuwanatunggadewi untuk menikmati cuaca cerah ini. Para aktivis Pramuka UGM ini tetap setia pada hatinya untuk mensukseskan pelatihan IT. Demi segenggam ilmu mereka dengan senang hati mengurung diri di ruangan dingin yang tidak terlalu menentramkan di PPTIK UGM.

Acara pelatihan ini benar-benar bertujuan mulia. Menjadikan yang tidak tahu menjadi tahu dan yang tahu menjadi tempe, hehehe…

yah.. Kegairahan terpancar dari para peserta pelatihan, namun setelah materi pertama dimulai, yaitu tentang blogging, yah tentang wordpress yang lucu ini, kegairahan di wajah peserta pun berganti kebingungan yang mendalam, tapi belum sedalam samudra koq!! :Lol:

Tenang saja, kebingungan ini bukan karena materinya yang njelimet, tapi pematerinya yang membingungkan, gak bisa bilang huruf R soale, kecil pula, hahaha

Pelatihan ini akan mengangkat-kalau kuat siy-3 materi. Setelah ini akan ada materi tentang fasilitas ugm.ac.id .. yuph, website kampus yang tercinta..

Kemudian, demi mendukung UGM goes open source maka kamipun mencoba bermain dangan OS yang lucu bulatbulat itu,,

semoga berjalan lancar, karena tampaknya di luar sudah memendung…

Seorang Rinda Airin

I remember all the things that we shared and the promise we made just You and I

I remember all the laughter we shared,, all the wishes we made above the roof that day

do you remember,, when we were dancing on the rain in that december

I remember,, the way you read your books

yes I remember the way you tied your shoes

yes I remember the cake you love the most

I remember the way you drinking coffee

yes I remember,, when we were dancing on the rain in that december

and the way YOU SMILED AT ME,, yes I remember……

[I remember, OST catatan akhir sekolah]

yuph,,

I remember YOU,,

Every single thing of yours,,

even if our “catatan akhir sekolah” already written so long ago,,

here is something I wanna give you in this special day of yours…

6th January 2008, your birthday… My dEar!!

Rinda Airin,,

seorang yang luar biasa, setidaknya bagi diriku

engkau mengajarkan ku begitu banyak hal,,

banyak, bahkan mungkin tanpa nda sadari,,

banyak pelajaran berharga,,

yang menyadarkanku bahwa dirimu selalu ada untukku,,

bahwa persahabatan yang abadi itu nyata

banyak hal sudah kita lewati bersama, meski banyak kenangan tak indah karena keegoisanku

namun kau tetap ada untukku,,

sehingga hilang semua gundah itu, menyisakan hanya indah,,

indah saat bersamamu,,

Rinda Airin,,

seorang sahabat yang luar biasa,,

ta selalu hanya bisa menyakiti, namun ketika itu lah ta belajar,,

ada seseorang yang sangat berharga untuk dianggap tak ada

ada rasa sakit ketika melihatmu tak disisiku, tertawa tanpa ada aku

namun ta akhirnya mengerti, bahwa hidup tak hanya tentang kita

hidup berisi beragam warna, sangat beragam

Nda mengajari ta, sangat sayang jika melihat hanya hitam dan putih,,

hidup tak hanya hitam dan putih, namun selalu ada pilihan untuk membuatnya penuh warna

Nda yang begitu sempurna,,

darimu lah ta belajar bermain warna,,

dari nda lah ta belajar untuk mencoba warna merah,,

mencoba memilih keberanian untuk menjadi bagian ta,,

bahwa hidup takkan berubah jika bukan kita yang mengubahnya,,

terimakasih Nda,,

tak banyak yang dapat ta berikan di hari indah ini,,

bahkan mungkin bukan ucapan selamat,,

hanya seuntai terimakasih,,

ucapan terimakasih ini kurajut dari sebuah benang persahabatan,,

yang ku beri warna-warna kejujuran dan penerimaan,,

sedikit kuberi rasa senyuman, namun mungkin lebih banyak pahitnya tangis,,

namun ini benang terindah yang pernah ku temui,,

dan ku tahu,,

takkan pernah kubiarkan gulungan ini terurai,,

takkan pernah, terlebih jika hanya karena kecerobohanku

atau bahkan keangkuhanku

takkan pernah Nda,,

karena benang ini mahal harganya,,

perlu ratusan hari untuk merajutnya menjadi untaian terimakasih yang indah,,

dan ku tahu ku belum berhasil membuat satu keindahanpun,,

bahkan hari ini,,

di hari Ulang Tahunmu,,

kau begitu berharga tuk ku Lepas,,

I LOVE U NDA!!!

…sebuah ode untuk seorang Rinda Airin

[dalam kenangan akan sebuah Kampus Biru Dongker yang menyatukan kisah kita…walau hanya untuk sesaat,,]

Panas Bikin Sakit Hati

Global warming emang lagi hangat-hangatnya dibicarain belakangan ini yh..

Bumi kita yang tercinta ini sedang kepanasan,,

biasanya kan kalau ada yang kepanasan emosi jadi cepat naik,,

menjadi marah akan merupakan hal yang mudah terjadi..

kalau udah marah, apapun bisa dirusak, disadari atau tidak..

sebenarnya ini sudah menjadi lingkaran setan yang mengurung kita,,

manusia yang tidak peduli sesama buatan Tuhan,,

alam yang kini sedang menderita karena ulah manusia,,

sehingga di cap tidak menjadi tempat yang aman lagi untuk ditinggali,,

semuanya lingkaran,,

lebih tepatnya seperti sebuah atom yang bertitik pusat pada manusia..

Allah menciptakan jin dan manusia untuk menghamba padaNya,,

bagaimana kita menghamba padaNya??

tentu dengan menjaga dan melestarikan sesama ciptaanNya,,

tapi manusia telah gagal menjaga lingkungan, gagal melaksanakan salah satu perintahNya..

mungkin kalau dapat ditarik sebuah benang merah,,

ini kembali pada “hati” manusia itu sendiri, apakah “hati” ini diikutsertakan pada saat ia berpikir?

atau ia berpikir hanya berlandas logika yang digiring oleh nafsunya?

manusia memang dikatakan sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna,,

namun tetap saja sebenarnya setingkat dengan makhlukNya yang lainnya,,

menjadi makhluk yang memiliki akal bukan kemudian berarti menjadi tuan bagi makhluk yang tak dianugerahi kecerdasan seperti manusia,,

karena MAKHLUK jelas tetaplah MAKHLUK, sama sajakan??

sebuah permainan kata-kata,, namun berdampak luar biasa,,

tampaknya sederhana, tapi semiotika sangat bermakna,,