Living Life Scholarship

Darmasiswa Caltex Riau

Darmasiswa Caltex Riau (DCR) adalah sebuah program sosial tahunan yang dilakukan oleh PT Chevron di Riau, yang dulu bernama PT Caltex Pacific Indonesia.

Program ini berupa pemberian beasiswa untuk program S1 oleh PT Chevron bagi para siswa SMA se-Provinsi Riau yang telah lolos seleksi tingkat masing-masing kabupaten/kota yang dilakukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tersebut. Para calon penerima DCR, yang telah lolos seleksi tingkat Kabupaten/kota bergabung untuk mengikuti tahap test selanjutnya, sejenis placement test untuk menentukan ia berada di posisi berapa yang merupakan jenis dari beasiswa yang ia dapatkan. test ini biasanya diadakan di Camp Caltex Rumbai, Pekanbaru, Riau, selama 3 hari (minimal, ketika saya menjadi bagian dari kegiatan ini, saya melewati 3 malam tidur di kamar wisma yang nyaman dan makan makanan yang lezat-lezat di Rumbai Club, kalau gak salah itu deyh namanya, tempat kami bersenang-senang berkumpul dengan teman baru, juga tempat kami tegang-tegang untuk menghadapi tes tulis dan wawancara,, kenangan yang indah,,)

tahun 2005 yang lalu, peringkat I hanya mendapat Rp 7.500.00 (pertahun selama 4 tahun) +PC +Printer,, II Rp 7.500.000 (pertahun selama 4 tahun) +PC,, itu yang saya ingat,, tapi tampaknya sekarang udah tambah besar sadjah hadiahnya,secara zaman makin mencekik kita dengan biaya hidup yang sangat melonjak tajam,, hehe kalau mau tahu yang tahun 2008 klik aja disini

yah,, Darmasiswa Caltex Riau memang menimbulkan kesan yang sangat mendalam, banyak hal baru yang kami dapatkan, banyak teman baru yang kami temui, banyak pengalaman seru yang dibagi di sini, baik sesama peserta atau dari bapak ibu panitia yang menjadi pendamping tiap kontingen, yang tentu saja merupakan orang-orang luar biasa.

ini benar-benar acara yang mewujudkan sebuah persaudaraan baru, bukan hanya di saat itu saja, namun terkenang sepanjang hayat.

semoga Darmasiswa Caltex Riau [(Caltexny udah diganti chevronkah??) mohon konfirmasi.. hehe] tetap berlangsung dan jaya selalu..

…….. tingtingting……… ternyata udah diganti jadi Darmasiswa Chevron Riau

ayo ayo para alumni DCR b’gabung disiniy,, tinggalkanlah comment kalian,,

esp. for DCR 2005, hehehe saLam jumpa kembali

ayo qT reUni!!

-Zesta a.k.a Tata, DCR 2005, Utusan Pekanbaru

58 comments on “Darmasiswa Caltex Riau

  1. Selamat ya sudah bisa masuk ke UGM. Semoga layanan dari ScholarsCamp bisa membantumu untuk mendapatkan gelar master psikologi atau ilmu-ilmu humaniora di luar atau dalam negeri. Senang rasanya bisa membantu teman satu almamater. Salam kenal dari Wim ya ….. 🙂

    Like

  2. Asw.

    Caltex, chevron atau apapun namanya adalah penjajah!
    kami sudah puluhan tahun menikmati kesusahan dengan adanya caltex ini, hanya orang tajir yang dapat menikmati fasilitas ini.
    orang susah???? never…………………………….
    Mereka tak ubahnya sperti Robin HOOd yang selalu minta dipuji karena selam ini mereka selalu menyusahkan, mau bukti??? lihat minas, lihat duri lihat kec pinggir….

    ini adalah realita di tengah kita apasalahnya uang itu dikemabngkan untuk ekonomi pedesaan, mendidik warga sakai, memberikan fasilitas listrik, mentoring usaha, kalo Charity-nya hanya beasiswa 20 tahun lagi orang sakai akan jualan anak……
    sebab
    selain gelap mereka juga semakin miskin
    hanya bisa produktif lahirkan anak.

    bukan kami tak mau gabung tapi fikirlah
    Robin hood selalu ada ditengah kita…..

    was

    Like

  3. waduuh,,
    waduuh,,

    kalau protes ini seharusnya dilayangkan ke perisahaannya langsung, karena kalau disini, yah,, saya juga bukan orang chevronnya, saya hanya segelintir dari yang mendapat rezeki ALLAH melalui dharmasiswanya,,

    dan untuk mendapat dharmasiswanya, kami tidak harus menjadi kaya dulu kok,, kami benar-benar terbantu dengan adanya dharmasiswa ini, studi kami untuk mencapai s1 bisa jadi kenyataan.

    kalau untuk pembangunan sekitarnya, saya rasa chevron memang harus memikirkan itu, tapi untuk masalah omelan ini, tolong ke chevron ajah yh,,

    terimakasih,,

    Like

  4. siapa ni afrizal? kampungan.,

    Like

  5. @ roy : dududududuhh,,
    bukan kampungan, setiap orang memiliki point of view yang beda kan??

    Like

  6. Askum.. Kak, lam knal y..?
    Alhamdulillah saya termasuk siswa yang lulus seleksi tingkat kabupaten untuk dharmasiswa chevron tahun 2009 ini..
    tanggal 23 maret ni mau ke rumbai.. mau tanya kak, tes yang di rumbai nanti itu jenis tesnya apa aja ya..??
    terimakasih..

    Like

  7. @Yossi : selamat yah,,
    semoga bisa berkarya lebih baik dengan fasilitas yang akan didapat tersebut…
    kalau angkatan ta dulu tes dsana itu aptitude test, trus terpilih beberapa orang kemudian wawancara untuk menentukan yang peringkat 1 dan 2,,
    nggak tau kalau gayanya udah berubah ya sekarang,,

    pengen ikut malam inaugurasi xan, tapi apalah daya,,
    tiket pesawat mahal,,
    hehehe

    salam buat Pak Erman yah,,

    gudLak d’,,
    ^_^

    Like

  8. aci putra

    assalamualaikum….

    dah lama x gak ketemu ma temen2 dcr 05….

    apa kabar ??

    adzel nama nya kan???

    Like

  9. panggilannya Tata atw Zesta,,

    hehehe

    aci dulu utusan mana??
    maaf,, kalau liat orangnya mungkin tau,,
    susah ngingat nama,,
    heheehe

    iyah,,
    qT bikin Reuni 2005nya yukZ,,

    Like

  10. aci putra

    OOO….tata aja aci panggil ya…

    aci dulu utusan kampar.

    he mang iya sih….kalo aci suka liat foto2 temen aja di buku kita dulu.

    mau222…kapn bagus nya kita reunian?????

    atau ntar bikin buka bareng pas puasa kan…..

    tata kenal heru prayugo kan???

    dia temen aci di PCR…heru kenal tata jg…

    Like

  11. Gmn y cara nya kalo maw ikut beasiswa ini??

    Like

  12. beasiswanya cuma untuk sma di riau yach,,,,,,klu anak riau yng nggak sma di riau nggak bisa yach???? ma kasih

    Like

  13. Desi Kasdiana

    asl…Tata…
    buka2 situs DCR eh tak taunya nampak Tata…
    teringat dulu Tat dengan jilbab lebarnya yang begitu anggun…subhanallah…masih SMA dah berbusana sedemikian santun. masihkah seperti Tata yang dulu?

    Like

  14. mohon arahan dari teman yang sudah mndapat beasiswa…yah…???

    Like

  15. seperti yang udah dijelaskan di atas,,
    para penerima ini merupakan utusan dari sekolahnya yang kemudian ikut tes tingkat kota/kabupaten baru mewakilinya untuk di karantina di PT Chevron untuk menentukan peringkatnya,,

    Like

  16. ass,,
    saye yogi anak sman 1 keritang inhil,
    kak mau nanye neh, macamane nak dapat beasiswa dcr tuh,,

    Like

    • wa’alaikumussalam,,
      sorry for taking so long reply your comment,,
      😀
      biasanya itu diumumkan persekolah,,
      tes dari sekolah dulu untuk menentukan wakil sekolah buat tes di tingkat kabupaten/kota,,
      coba tanya walikelas kamu,,
      semoga tercerahkan!
      😀

      Like

  17. rika rizkiah

    asm…
    salam kenal nech….
    kangen ma alumni DCR 05
    udh pd sukses2 yach semua na

    Like

  18. Azwar Noor

    Ass mba tata.
    salam kenal..
    oh,iya mw nanya sedikit nih…
    kira-kira chevron ngadain beasiswa gak, untuk yang mw nglanjut ke S1, soalnya saya bru lulus dari D3.

    Like

    • wa’alaikumussalam,,
      salam kenal juga,,
      kalo untuk ngelanjutin s1 saya gak tau juga ya,,
      setau saya kalau untuk diluar keluarga chevron ya via DCR ini,,

      untuk tau lebih lanjutnya, coba kontak ke chevron aja ya,,
      🙂
      maaf tak bisa membantu banyak,,

      Like

  19. @azwar: anytime,, 🙂

    Like

  20. ass,
    slam knal kak,
    mau nanya, soal2 yang di tes t kebanyakan dari kelas berapa kak??
    dan kapan jadwalnx diadain tes untuk BCR n dari kelas berapa kak??dan kapan jadwalnx diadain tes untuk BCR t??
    t??

    Like

    • salam kenal juga..
      soal-soalnya kayaknya sih hampir merata.. *maaf udah lupa, pengaruh usia* 😀

      jadwalnya kalo nggak salah setelah terima rapor semester ganjil kelas 3 (XII)…

      Like

  21. assalamu’alaikum kak,
    saya siswa dri pekanbaru yg berminat untuk ikt DCR,
    kalo seleksi tingkat kota prosedurnya gmna kak? apa hrs ikut tes? kalo ia bsatlg ksh info ttg tes nya gag kak,
    mksah sbelumnya

    Like

    • untuk tingkat kota itu dipilih dari sekolah masing-masing, biasanya ada tes atau ada kebijakan dr sekolahnya.
      di tingkat kota ada tesnya, baru yang kepilih diasramakan ama pihak dcr…
      …semoga masih begitu ya prosesnya.. 🙂
      good Luck!

      Like

  22. nanda fahmuin tary

    Assalamu’alaikum kak,
    salam kenal, saya nanda
    mau tanya, soal-soal nya itu lebih kurang seperti UN, TPA, atau seperti apa?
    terimakasih sebelumnya 🙂

    Like

    • wa’alaikumussalam nanda..
      waktu saya dulu untuk seleksi Kota nya soalnya seperti soal ujian.. isinya pelajaran semua..
      untuk ujian selama karantinanya lebih ke aptitude test..
      kalo nggak salah ya.. sudah lupa soalnya..
      maafkan..
      Good Luck ya! 😉

      Like

  23. nanda fahmuin tary

    ok kak, terimakasih info nya 🙂

    Like

  24. Bisa mintak contoh soalnya kak?

    Like

  25. Soalnya da dicri di mbah gogel tetap ga dapat kak,

    Like

  26. ,ass. . kax, ,
    ,bleh tanya.??
    ,, kra2 soal soal yg d tes kan itu sprti apa.??
    ,

    Like

  27. kak, mw tanya, lw seleksi kota tuh soal ujiannya pelajaran apa aja?

    Like

  28. Assalamualaikum kak,kak interview nya itu kayak mana ya kak?yg udah lulus tes tertulis nya kak,

    Like

    • Interviewnya itu nanti kalo udh di karantina di Chevronnya… Selesai aptitude tes deh kalo gak salah… Iya, cuma beberapa aja, buat nentuin peringat 1,2,3 deh… (Kalo gak salah.. Maaf udah agak lupa) >_<'

      Like

    • Eh iya… Wa’alaikumussalam… Interviewnya itu relax koq… Cuma tentang diri kita aja, kebiasaan, citacita… Gitu deh…

      Like

  29. Assalamualaikum kak..
    Saya mau tanya kalau tes akademik di rumbai,soalnya ada sesuai jurusan ipa/ips ga?
    Terima kasih

    Like

  30. mtk dasar,bahasa inggris sama pengetahuan umum ya kak?

    Like

    • Iya.. Seingat saya sih itu aja ujiannya.. Sama ada yang kayak Psikotes deh.. *maklum udah eyang eyang jd lupaaa* hehehe

      Like

  31. Terima kasih kak..

    Like

  32. Junika Hermaini

    Kak, mau nanya. Siwa/i dcr yang sudah lulus tingkat kabupaten sudah pasti dapat beasiswa? Seleksi tahap provinsi cuma tahap untuk menentukan peringkat tanpa ada sistem eliminasi?

    Terimakasih kak ??

    Like

    • darkjasm

      Hai Junika..

      Iya, waktu aku dulu begitu. Utusan Kota/kab di karantina untuk menentukan ranking, tidak ada yang di eliminasi lagi, kecuali ada pelanggaran yang parah selama karantina..

      good luck ya!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: